Hindari Makanan yang Bisa Memperparah Radang Tenggorokan

Hindari Makanan yang Bisa Memperparah Radang Tenggorokan

Selama ini, pasti Anda sudah pernah mengalami radang tenggorokan, bukan? Gangguan kesehatan ini memang umum terjadi karena sangat banyak penyebabnya. Makanan adalah salah satu faktor penyebab radang tenggorokan. Untuk itu, pilih pola makan sehat dengan menghindari beberapa jenis makanan penyebab radang sekaligus memperparah kondisi radang tersebut.

  1. Makanan Berminyak

Selain mampu menyebabkan peradangan di tenggorokan, makanan berminyak tentu berpotensi memperparah radang tersebut. Peradangan yang dibiarkan saja dengan Anda tidak menghindari makanan berminyak, kondisi tenggorokan semakin parah dan menimbulkan keluhan lain. Radang di tenggorokan tersebut akan menimbulkan suara serak sampai hilang, batuk, dan sebagainya.

Kandungan minyak dalam makanan yang dikonsumsi tentu akan menyebabkan tenggorokan terasa kering. Minyak tersebut juga belum tentu cepat hilang dari area tenggorokan, sehingga bisa memperparah peradangan. Contoh makanan berminyak yang harus dihindari adalah gorengan, makanan berlemak, jajanan berminyak, serta daging atau lauk lain yang digoreng.

  1. Makanan Pedas

Siapa yang suka makanan pedas? Tentu Anda harus hati-hati dalam mengonsumsi makanan pedas yang ternyata berpotensi memperparah peradangan di tenggorokan. Bahan makanan pedas di antaranya adalah cabai, bubuk cabai, sambal, saus, lada, pala, kari, dan cengkeh.

Jika mengonsumsi makanan pedas, tenggorokan yang sedang radang akan terasa makin panas. efeknya semakin parah yaitu suara akan serak, menimbulkan batuk, dan radang yang berkepanjangan. Karenanya, janganlah mengonsumsi makanan terlalu pedas.

  1. Makanan dan Camilan Kering

Makanan ataupun camilan kering juga harus dihindari saat mengalami radang tenggorokan. Mengonsumsi makanan atau camilan yang kering ini akan membuat tenggorokan semakin kering dan terasa panas. Anda juga merasa ada yang mengganjal di tenggorokan. Radang makin parah jika terus mengonsumsi makanan atau camilan kering, seperti biskuit, roti kering, dan sebagainya.

  1. Makanan dan Buah Asam

Zat asam yang berasal dari makanan dan buah akan memperburuk kondisi tenggorokan Anda yang sedang meradang. Kandungan asamnya mampu mengiritasi serta menimbulkan rasa sakit di tenggorokan. Contoh makanan asam ini adalah salad, jus buah yang asam, serta buah-buahan asam (lemon, jeruk, kiwi, belimbing, nanas, dsb.).

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi buah yang manis dan cukup mengandung air, seperti semangka, pepaya, manggis, dan sebagainya. Jahe hangat juga sangat disarankan agar kondisi tenggorokan lebih lega sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin C dengan aman.

  1. Minuman Berkafein

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi, sebaiknya menghindarinya untuk sementara waktu sampai radang tenggorokannya sembuh. Setelah sembuh, sangat perlu mengurangi kebiasaan minum kopi demi mencegah radang tersebut datang lagi.

Upaya menghindari aneka jenis makanan di atas harus dilakukan sampai tenggorokan kembali normal. Kesembuhannya ditandai dengan tenggorokan terasa lega, tidak serak, hilangnya rasa nyeri dan gatal, serta tidak lagi batuk. Setelah sembuh, Anda harus mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan kering agar radang tenggorokan tidak kambuh lagi.

shares